SALAH SATU KEKUATAN SBY

Salah Satu Kekuatan SBY
Pengalaman sebagai istri seorang tentara membuat perempuan kelahiran Yogyakarta, 6 Juli 1952, ini harus selalu siap menjadi orang nomaden. Dia tidak kaget lagi harus berpindah dari satu daerah ke daerah lain.

Sebagai seorang istri orang nomor satu di negeri ini, Kristiani Herawati Yudhoyono atau yang lebih akrab disapa dengan Ani Yudhoyono ini mengerti betul kesibukan suaminya. Sebagai presiden, sang suami Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempunyai jadwal yang sangat padat dan mobilitasnya sangat tinggi. Karena itu, Ani harus selalu siap mendampingi Presiden SBY ke mana pun.

Itulah konsekuensi yang harus Ani terima sebagai istri presiden sekaligus ibu negara. Tidak jarang, dalam satu hari Ani harus menemani Presiden SBY di lebih dari satu tempat berbeda yang jaraknya berjauhan. Sebut saja ketika masa kampanye terbuka pemilihan umum (pemilu) beberapa waktu lalu. Ani harus setia menemani Presiden SBY yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ke sejumlah daerah di Indonesia.

Sedikitnya, 12 provinsi dikunjungi SBY dari rangkaian kampanye terbuka Demokrat. Dimulai dari Gelora Bung Karno, Jakarta (20/3/2009), hingga berakhir di Gedung Tri Bakti Magelang dan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah pada 5 April lalu. Bisa dibayangkan, dalam kurun waktu sekitar 15 hari, kondisi Ani harus fit mendampingi SBY yang menjadi ikon utama di setiap kampanye.

Saat SBY berorasi di atas panggung, hampir dapat dipastikan Ani selalu mendampingi dan tidak jarang turut “membakar” semangat konstituen Demokrat dengan orasinya. Dalam aksi panggungnya, ibu dua anak ini selalu menyatukan dua jari telunjuk dan jempol untuk membentuk lambang Demokrat.

Pasangan SBY-Ani dalam kampanye juga sering tampil bersama putra bungsu mereka, Edhi Baskoro Yudhoyono, yang menjadi calon anggota legislatif untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VII. Bukan cuma itu, pada setiap kampanye, Ani dituntut ekstrafit dan tampil serbabisa di hadapan pendukungnya.

Hal itu dibuktikan Ani ketika harus bernyanyi dengan artis dan band pendukung Demokrat. Lihat saja bagaimana Ani tampil memukau saat tampil bersama grup band ternama Andra and The Backbone saat membawakan lagu Sempurna. Ani berusaha mengimbangi vokalis Andra and The Backbone Deddy Lisan. Lagu Sempurna sering dilantunkan dalam setiap kampanye Demokrat.

Menurut Ketua DPP Partai Demokrat Andi Alfian Mallarangeng, Ani Yudhoyono merupakan sosok yang energik dan selalu mengerti kesibukan SBY dengan setumpuk aktivitasnya di satu sisi.

Di sisi lain, Ani sendiri sebagai ibu negara juga memiliki sejumlah aktivitas yang padat. Setidaknya, sebagai Ketua Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Ani mempunyai setumpuk kegiatan yang harus dilakukan. Kata Andi, Ani sejak lama memang sudah mengerti betul posisi suaminya.

Baik sebagai tentara yang diberi tugas ke berbagai daerah, saat menjadi seorang menteri pada pemerintahan sebelumnya maupun ketika menjadi Ketua Dewan Penasihat Demokrat dan Presiden RI sejak 2004 lalu.

Menurut Andi, dengan pengalaman sebagai istri seorang tentara, perempuan kelahiran Yogyakarta, 6 Juli 1952, ini harus selalu siap menjadi orang nomaden, berpindah dari satu tempat ke tempat lain,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: